Minggu, 03 September 2017

TELAH TERJADI GENOSIDA TERHADAP MUSLIM ROHINGYA DI MYANMAR

Genosida Terhadap Muslim Rohingya Di Myanmar

Ankara (SI Online) - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyebut, tewasnya ratusan Muslim Rohingya di Myanmar selama sepekan terakhir merupakan genosida yang ditujukan ke komunitas Muslim di kawasan itu. Hampir 400 orang telah meninggal dalam pertempuran yang melanda bagian barat laut Myanmar selama sepekan.

Data resmi yang baru itu membuat perstiwa ini barangkali menjadi kekerasan yang paling mematikan menimpa kaum minoritas Rohingya di negara itu dalam beberapa dekade. 

"Telah terjadi genosida di sana. Mereka tetap diam terhadap ini. Semua yang melihat dari jauh genosida ini dilakukan di bawah kerudung demokrasi juga bagian dari pembunuhan massal," kata Erdogan pada perayaan Idul Adha yang diadakan Partai AK di Istanbul.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. [foto: Reuters]

Erdogan, yang akarnya didasarkan pada politik Islam, telah lama mengambil posisi kepemimpinan di antara komunitas Muslim dunia. Ia mengatakan sudah menjadi tanggung jawab moral Turki untuk mengambil sikap terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di Myanmar.

Sekitar 38 ribu orang Rohingya telah melintas ke Bangladesh dari Myanmar. Sumber-sumber di PBB mengatakan, sepekan setelah para pejuang Rohingya menyerang pos-pos polisi dan sebuah pangkalan tentara di negara bagian Rakhine, mendorong bentrokan-bentrokan dan ofensif balasan oleh militer.
Tentara mengatakan melancarkan pembersihan terhadap 'teroris garis keras' dan pasukan keamanan diberi pengarahan untuk melindungi warga. Namun, warga Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh mengatakan bahwa serangan dengan pembakaran dan pembunuhan bertujuan untuk memaksa mereka keluar.

Presiden Erdogan menyatakan isu tersebut akan dibahas secara rinci ketika para pemimpin dunia mengadakan pertemuan dalam Sidang Umum PBB pada 12 September mendatang di New York.

Sumber : Antara

Fortify Rights: Kekejaman Tentara Myanmar Penggal Anak-anak Rohingya

Anak dan Ibu Muslim Rohingya yang sedang menangis

Yangon (SI Online) - Kelompok pembela hak asasi manusia berbasis di Bangkok, Thailand, Fortify Rights, pada Jumat (1/9) mempublikasikan temuan kekejaman tentara Myanmar terhadap warga etnis Rohingya di Myanmar. Berdasarkan keterangan saksi dari desa Chut Pyin, Rathedaung yang dikutip oleh Fortify Rights, tentara Myanmar memenggal kepala anak-anak dan membakar hidup-hidup warga Rohingya.

Laporan temuan tersebut mengklaim, sekitar 200 pria, wanita, dan anak-anak Rohingya telah dibunuh oleh tentara Myanmar. Para tentara itu dilaporkan menahan sekelompok pria Rohingya, menggiring mereka ke sebuah gubuk bambu dan membakar mereka hidup-hidup. "Saudara laki-laki saya dibunuh, (tentara Myanmar) membakar mereka bersama yang lainnya," Fortify Rights mengutip Abdul Rahman (41), warga Chut Pyin, seperti dilansir the Telegraph, Sabtu (2/9).

Menurut Abdul, dia menemukan anggota keluarganya yang lain dalam sebuah lahan. Di jasad anggota keluarganya yang tewas itu ditemukan tanda bekas tembakan dan sayatan benda tajam. "Dua keponakan saya, kepalanya telah hilang. Satu berusia enam tahun dan satunya berusia sembilan tahun. Adik ipar saya ditembak," kata Abdul.

Laporan Fortify Rights ini dirilis sepekan setelah pada 25 Agustus, Tentara Pembebasan Arakan Rohingya (ARSA) melakukan serangan terhadap 30 pos keamanan. Pada Jumat, Pemerintah Myanmar mengatakan, 400 orang tewas pada peristiwa tersebut. Pihak militer dan pemerintah mengklaim kesulitan untuk membedakan antara masyarakat sipil dan kelompok pemberontak (ARSA) saat melakukan operasi militer di utara Rakhine. 

sumber: rol/telegraph



Ilustrasi: Desa Muslim Rohingya di Rakhine State dibakar. [foto: The New York Times]

Bangladesh – Tiga sumber PBB mengatakan, sekitar 27.400 Muslim Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar.

Seperti dilansir Aljazeera, Jumat (01/9/2017), kekerasan terhadap warga Rohingya terjadi di tengah laporan adanya warga Budha yang membakar desa Rohingya di Myanmar.

International Organization for Migration (IOM) mengatakan, saat melarikan diri ke Bangladesh, ratusan orang Rohingya terdampar di tanah tak bertuan di perbatasan negara-negara tersebut. Citra satelit yang dianalisis oleh Human Rights Watch yang berbasis di AS menunjukkan banyak rumah di negara bagian Rakhine utara terbakar. Sebagian besar dari satu juta Muslim Rohingya yang tinggal di Myanmar tinggal di negara bagian Rakhine utara.

Mereka menghadapi penganiayaan berat di negara mayoritas Budha, yang menolak untuk mengakui mereka sebagai minoritas etnis asli yang sah. Mereka ditinggalkan tanpa kewarganegaraan dan hak-hak dasar.

Ketegangan yang berlangsung lama antara Muslim Rohingya dan umat Budha di Rakhine meletus dalam kerusuhan berdarah pada tahun 2012. Hal itu memicu gelombang perasaan antiMuslim di seluruh Myanmar.

red: A Syakira / suara-islam.com
***
2600 Rumah Dibakar Tentara, Pemerintah Myanmar Malah Salahkan Pejuang ARSA

Bangladesh –  Lebih dari 2.600 rumah telah dibakar di wilayah mayoritas Muslim Rohingya di barat laut Myanmar pada pekan lalu dalam salah satu serangan paling mematikan yang melibatkan minoritas Muslim dalam beberapa dasawarsa.

Dilansir dari Reuters, Sabtu (2/9/2019/7), menurut badan pengungsi UNHCR PBB, sekitar 58.600 Muslim Rohingya telah melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dari Myanmar.

Etnis Muslim Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh mengatakan pembakaran dan pembunuhan oleh tentara Myanmar ditujukan untuk memaksa mereka keluar negeri mereka.

Anehnya pemerintah Myanmar malah menyalahkan Arakan Rohingya Salvation Army (ARSA) atas pembakaran rumah-rumah tersebut. Sebelumnya, kelompok pejuang itu disebut bertanggung jawab atas serangan terkoordinasi terhadap pos keamanan pekan lalu yang memicu bentrokan dan serangan balik militer yang besar.

“Sebanyak 2.625 rumah dari desa-desa Kotankauk, Myinlut dan Kyikanpyin dan dua bangsal di Maungtaw dibakar oleh teroris ekstremis ARSA,” ungkap perusahaan negara Global New Light of Myanmar. Mereka juga menyebut kelompok pejuang tersebut sebagai organisasi teroris.

Keterangan berbeda disampaikan Human Rights Watch (HRW), yang menganalisis citra satelit dan akun dari Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh, mengatakan pasukan keamanan Myanmar sengaja menyalakan api.
“Citra satelit baru menunjukkan penghancuran total sebuah desa Muslim, dan menimbulkan kekhawatiran serius bahwa tingkat kehancuran di negara bagian Rakhine utara mungkin jauh lebih buruk dari yang diperkirakan semula,” kata Deputi Direktur Asia, Phil Robertson.

red: A Syakira/ www.suara-islam.com


إِنَّ الَّذِينَ فَتَنُوا الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ ثُمَّ لَمْ يَتُوبُوا فَلَهُمْ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمْ عَذَابُ الْحَرِيقِ (١٠)

Sesungguhnya orang-orang yang mendatangkan cobaan[1568] kepada orang-orang yang mukmin laki-laki dan perempuan kemudian mereka tidak bertaubat, Maka bagi mereka azab Jahannam dan bagi mereka azab (neraka) yang membakar. (QS Al-Buruj/85: 10)

[1568] Yang dimaksud dengan mendatangkan cobaan ialah, seperti menyiksa, mendatangkan bencana, membunuh dan sebagainya.

لَتَجِدَنَّ أَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِلَّذِينَ آمَنُوا الْيَهُودَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا

Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. (QS Al-Maaidah: 82)

(nahimunkar.com)

Serangan Biadab Tentara Myanmar Tewaskan 400 Muslim Rohingya


Ilustrasi: Anak-anak berada di bekas rumah-rumah warga Rohingya yang dibakar militer Myanmar.

Bangladesh (SI Online) - Hampir 400 orang tewas dalam pertempuran di Myanmar barat laut selama sepekan, kata data resmi terkini, yang menjadikan ini sebagai kekerasan paling mematikan terhadap Rohingya di Myanmar, dalam beberapa dasawarsa belakangan.

Sekitar 38.000 warga Rohingya menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar, kata sumber dari PBB, sepekan setelah pejuang Rohingya menyerang sejumlah pos polisi dan pangkalan militer di negara bagian Rakhine. 

"Pada 31 Agustus, 38.000 orang diperkirakan menyeberangi perbatasan menuju Bangladesh," kata sumber tersebut pada Jumat dalam angka perkiraan terkini mereka.

Tentara mengklaim melancarkan pembersihan terhadap "teroris garis keras" dan pasukan keamanan diberi pengarahan untuk melindungi warga. Namun, warga Rohingya yang melarikan diri ke Bangladesh mengatakan bahwa serangan dengan pembakaran dan pembunuhan bertujuan untuk memaksa mereka keluar.

Penanganan terhadap sekitar 1,1 juta Muslim Rohingya menjadi sebuah tantangan terbesar bagi Aung San Suu Kyi, yang telah mengutuk serangan tersebut dan memuji pasukan keamanan.

Peraih Nobel Perdamaian itu dituduh beberapa kritikus Barat karena tidak bersuara terhadap kejadian pembantaian Muslim Rohingya, yang merupakan kaum minoritas di Myanmar, oleh serangan brutal militer setelah terjadinya penyerangan Oktober.

Bentrokan dan tindak kekerasan yang dilakukan oleh militer telah menewaskan sekitar 370 gerilyawan Rohingya, 13 aparat keamanan, dua pejabat pemerintah dan 14 warga sipil, kata militer Myanmar pada Kamis.

Sementara beberapa warga Rohingya mencoba menyeberang ke Bangladesh melalui darat, yang lain mencoba melakukan perjalanan berbahaya dengan menggunakan perahu, melintasi sungai Naf yang memisahkan kedua negara itu.
Penjaga perbatasan Bangladesh menemukan 15 jenazah warga Rohingya, 11 di antaranya anak-anak, mengambang di sungai pada Jumat, kata komandan daerah Letnan Kolonel Ariful Islam.

red: A Syakira
sumber: ANTARA

Myanmar Harus Diberikan Sanksi Isolasi

Ilustrasi aksi mengecam Myanmar atas perlakuannya terhadap Muslim Rohingya

Bogor (SI Online) - Umat Islam Rohingya saat ini sedang mendapatkan musibah yang luar biasa, mereka diperangi dan dibumihanguskan tempat tinggalnya.
"Kita merasa berdosa jika tidak bisa membantu apapun, kita hanya bisa bantu doa, donasi atau bantuan diplomasi," ujar Prof Dr KH Didin Hafiduddin saat kajian di Masjid Al Hijri Kota Bogor, Ahad (3/9/2017).

Ketua Umum Badan Kerjasama Pondok Pesantren Indonesia (BKsPPI) itu menyerukan umat Islam di seluruh dunia untuk membacakan Qunut Nazilah setiap waktu agar Muslim Rohingya segera diberikan pertolongan. "Ya Allah tolonglah umat Islam, para mujahidin dan orang-orang lemah Muslim Rohingya, mereka di kejar, dibunuh, kampungnya dibakar. Anak-anak, wanita, orang tua jadi korban, biadab sekali," ungkapnya. (baca: BKsPPI Serukan Muslim Sedunia Baca Qunut Nazilah untuk Kehancuran Rezim Myanmar)

"Jadi umat Islam Rohingya sedang mengalami penghancuran etnis, ini kejahatan kemanusiaan," tambahnya.

Berbeda dengan Islam, kata Kyai Didin, kita tidak boleh memerangi kecuali terhadap pihak yang memerangi, tidak boleh membunuh anak-anak, wanita.
Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI ini juga berharap pemerintah segera bertindak bersama-sama dengan negara ASEAN untuk melakukan isolasi terhadap Myanmar sampai mereka memperhatikan Muslim Rohingya. "Dan dunia Islam harus segara sadar karena ini masalah besar," katanya.

Terkait peristiwa itu, Kyai Didin menjelaskan bahwa dalam Islam terbunuhnya jiwa seseorang itu bukan perkara ringan. "Jangankan ratusan yang meninggal dunia, satu orang saja terbunuh itu seperti membunuh seluruh manusia," jelasnya.

Jangan Minta Kami Diam Untuk Rohingya


Muslim Rohingya yang jadi sasaran kekerasan di Myanmar

Pahlawan demokrasi Myanmar, Aung San Suu kyi, mengaku terganggu dengan sikap negara lain terkait masalah yang menimpa Muslim Rohingya di Rakhine. Suu Kyi menganggap beberapa negara terlalu ikut campur atas masalah yang terjadi di negaranya.

"Publik Indonesia selalu mengganggu kami. Mereka seakan lebih tahu tentang kondisi yang terjadi di sini, ," kata Suu Kyi, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir BBC, Sabtu (26/8).

Peraih Nobel Perdamaian itu terlihat naik pitam saat ditanya tentang Muslim Rohingya yang jadi sasaran kekerasan di Myanmar.

"Kami hanya ingin orang-orang di Indonesia tutup mulut dan diam. Stop pembahasan mengenai Muslim Rohingya. Urus saja negeri kalian. Karena kalian tak berhak mengatur hidup kami," kata Suu Kyi. 

(http://radar-islami.blogspot.co.id/2017/08/myanmar-minta-publik-indonesia-diam-dan.html)

Komentar: 

Bagaimana kami dapat diam sementara saudara-saudara kami Anda biarkan mati terbunuh dengan cara bengis dan sadis? Bukan hanya kami sebagai saudara sesama muslim yang diikat oleh aqidah dan keimanan Islam yang mulia yang marah, mengecam dan mengutuk dalam doa-doa kami bagi etnis muslim Rohingya. Tapi siapa pun manusia, apa pun agama mereka, apa pun ras dan suku mereka jika mereka masih memiliki hati nurani, pasti akan memiliki “rasa” yang sama. Lalu bagaimana dengan Anda? Wahai Sang Peraih Nobel Perdamaian? Di mana hati nurani Anda?

Apakah hati nurani Anda tak bergetar sedikit pun melihat suara jeritan dan tangisan anak-anak Rohingya yang murni dan suci disakiti bahkan dibunuh dengan moncong-moncong senjata militer Myanmar? Tak perih kah hati Anda melihat mata-mata mereka yang tak lagi bersinar karena cahaya kehidupan mereka, kedua orang tua mereka mati terbunuh akibat kebrutalan militer 
Myanmar? Bahkan tak sedikit dari mereka menyaksikan bapak ibunya direnggut nyawanya dihadapan mereka dengan cara bengis dan brutal. Suatu hal yang tak pernah mereka bayangkan dalam benak mereka yang masih polos dan suci. Atau tak sakit kah hati Anda melihat perempuan-perempuan Rohingya yang kehormatannya dilecehkan dan diinjak-injak oleh militer Myanmar? Tak terhitung berapa nyawa perempuan Rohingya yang hilang setelah berjuang mempertahankan kehormatannya, keluarganya, hartanya dan anak-anak yang dicintainya. Tahukah Anda tak satu pun dari mereka ingin kehilangan nyawa dengan cara yang tak beradab seperti yang dilakukan oleh algojo-algojo militer Anda. Tak terhitung pula berapa banyak perempuan Rohingya yang menjadi janda karena kehilangan suami mereka. Padahal suami-suami mereka hanya berjuang mempertahankan apa yang menjadi milik mereka.

Bukankah Anda Sang Peraih Nobel Perdamaian yang terhormat? Bukankan Anda seorang perempuan dan seorang ibu? Bagaimana jika yang terbunuh itu adalah anak-anak Anda? Bagaimana jika yang dilecehkan kehormatannya sampai mati meregang nyawa itu adalah saudara-saudara perempuan atau bahkan ibu Anda? Bagaimana jika yang mati dengan cara brutal akibat peluru dan senjata militer itu adalah suami Anda? Bagaimana jika…

Faktanya Anda hanya diam menyaksikan semua itu. Hati nurani Anda tak pernah ada untuk mereka. Bagi Anda mereka bagai duri dalam daging yang harus segera dicabut. Padahal bukankah Anda tahu mereka telah bertahun-tahun bahkan berpuluh tahun menjadi pesakitan di rumah mereka sendiri. Dan selamanya akan terus seperti itu karena kebisuan Anda dibalik pembantaian yang dilakukan oleh militer Myanmar dan siapa pun yang ada dibelakang mereka. Karena itu jangan minta kami untuk diam!

Peluru-peluru kami hanya kata-kata di media sosial. Senjata-senjata kami hanya amarah dan kecaman yang kami bagikan lewat foto dan video di dunia maya. Lalu mengapa Anda begitu terganggu? Tahukah Anda betapa sakitnya hati kami? Betapa terlukanya hati kami menyaksikan saudara-saudara kami mati dibantai? Sedangkan kedua tangan kami tak berdaya untuk menghalanginya. Tahukah Anda berapa ribu tetes air mata yang telah mengalir lewat kedua mata kami akibat rasa penyesalan yang menggunung karena tak mampu membebaskan mereka dari derita yang berkepanjangan?

Harapan kami pada penguasa-penguasa muslim di negeri-negeri muslim pun telah pupus akibat sekat nasionalisme semu. Mereka hanya dapat mengecam tapi tangan mereka tak berbuat apa pun. Mereka sibuk melayani kepentingan-kepentingan tuan-tuan mereka. Kekuatan-kekuatan mereka simpan dibelakang punggung-punggung tuan mereka. Kalaupun mereka membantu hanya sebatas dialog semu untuk pecitraan diri.

Karena itu jangan minta kami untuk diam. Jari-jari kami akan senantiasa bergerak menjadi peluru-peluru dan senjata yang membuat jiwa dan hati Anda tak akan pernah tenang. Doa-doa kami akan terus mengalir bagi saudara kami di Rohingya. Segala daya upaya akan kami lakukan untuk membebaskan mereka dari belenggu dan tirani rezim zalim. Kami ibarat ribuan pasukan yang sedang terdiam dan mengumpulkan kekuatan. Kami tinggal menunggu komando dari seorang Khalifah, sebagaimana komando Khalifah Al-Mu’tashim kepada 4000 ribu pasukannya yang menunggang kuda balaq menembus jantung kota Ammuriyah untuk membebaskan seorang perempuan mulia keturunan Rasulullah Saw. Dan sampai waktu itu tiba jangan minta kami untuk diam!

Ummu Naflah
Ibu Rumah Tangga tinggal di Cikupa, Tangerang.