Alkitab selalu direvisi membuktikan bahwa tidak mampu sejalan dengan kemajuan zaman
Benarlah Allah dalam Al-Qur’an mengatakan bahwa orang-orang Yahudi
selalu merubah isi kitab suci mereka, berikut firman Allah Ta’ala ;
“Sesungguhnya di antara mereka (oranmg
Yahudi) ada segolongan yang memutar-mutar lidahnya membaca Al-Kitab, padahal
dia bukan dari Al-Kitab dan mereka mengatakan: "Ia (yang dibaca itu
datang) dari sisi Allah, padahal ia bukan dari sisi Allah. Mereka berkata dusta
terhadap Allah, sedang mereka mengetahui “(QS Ali Imran : 78)
Berikut ada sebagian bukti
revisi terhadap ayat2 Alkitab:
1. Angka 40.000 dikorup 90 % menjadi
4.000.
• I Raja-raja 4 : 26, TL-LAI 1960 menyebutkan “40.000
kandang”
• I Raja-raja 4 : 26, TB- LAI 1979 menyebutkan ”4.000
kandang”
2. Angka 42 tahun dikorupsi menjadi 22
tahun
• II Tawarikh 22 :2, TB-LAI Jakarta, 1999 dan II Chronicles 22:2,
holy Bible New King James Version menyebutkan “42 tahun”
berbeda dengan
(1) II Tawarikh 22:2, Firman Allah Yang Hidup, Alkitab Dalam
bahasa Sehari-hari, Penerbit Yayasan kalam Hidup, Bandung
(2) II Babad 22:2, Alkitab Sunda, 1991
(3) II Babad 22:2, Alkitab jawa, 1994
(4) II Babad 22:2, Alkitab Madura, 1994 menyebutkan “22
tahun”
• Khusus untuk Kitab II Tawarikh 21 : 5 sampai II Tawarikh
22:2 dalam versi LAI Jakarta.
Diceritakan bahwa Yoram berusia 32 tahun ketika ia naik menjadi
Yerusalem dan memerintahkan kerajaan hanya selama 8 tahun, karena pada masa itu
dia gugur di medan pertempuran. Jadi, usia Yoram hanya 40 tahun sampai dengan
kematiaannya.
Dalam II tawarikh 22: 2 diceritakan bahwa sepeninggal Yoram, tahta
kerajaan langsung digantikan oleh Ahazia, anaknya . usia Ahazia ketika naik
tahta menggantikan ayahnya adalah 42 tahun.
Cerita dalam terbitan ini sangat ganjil.., karena usia Ahazia
lebih tua dari pada Yoram (ayahnya Ahazia ). Mungkinkah ada usia anak lebih tua
dari pada bapaknya ??.
3. Angka 8 tahun divermak menjadi 18
tahun.
• II Tawarikh 36 : 5-9 Alkitab Melayu tahun 1928 menyebutkan “8
tahun”
Berbeda dengan :
• (1) II Tawarikh 36 : 5-9, TB_LAI 1999 (2) II Raja-raja 24
: 8, TB-LAI 1999) menyebutkan “18 tahun”
• Trus siapa yang bertanggung jawab terhadap perubahan ini.?
4. Angka 7 tahun dibonsai menjadi 3
tahun
• II Semoeil 24: 13, Alkitab bahasa Melayu tahun 1928 menyebutkan
“7 tahun”
Berbeda dengan :
• II Samuel 24 : 13, TB-LAI 1999 menyebutkan “3 tahun”
• Itulah dilema yg dihadapi ahli bibliologi, karena kalau II
Samuel 24:13 angka 7 tahun nya tidak dipangkas menjadi 3 tahun pasti akan
bertentangan dengan I Tawarikh 21:11-12, TB-LAI 1999.
5. Badak diganti banteng,lalu dirubah lagi
menjadi banteng jantan, kemudian disulap menjadi banteng hutan
• Mazmur 92:11, TL-LAI 1960 menyebutkan “cula badak”
• Mazmur 92:11, TL-LAI 1999 menyebutkan “Tanduk banteng”
• Masmur 92:11, Alkitab Jawa, 1994 menyebutkan “banteng jaler
(banteng jantan)”
• Jabur 92:11, Alkitab Madura, 1994 dan jabur 92:11, alkitab
Sunda, 1991 menyebutkan “ bantheng alas (banteng hutan)”
6. Kelinci berevolusi menjadi kelinci
hutan
• Ulangan 14: 7, TL-LAI 1960 menyebutkan “kelintji “
• Ulangan 14: 7, TB-LAI 1999 menyebutkan “ kelinci hutan”
Bayangkan bila kata “ orang” menjadi “orang hutan”
7. Babi diganti babi hutan
• Imamat 11:7, TL-LAI 1960 menyebutkan “Babi”
• Imamat 11:7, TB-LAI 1999 menyebutkan “Babi Hutan”
Tahun 1960 alkitab telah mengharamkan semua babi untuk dikonsumsi
oleh orang Kristen. Tapi sejak tahun 1999, yang menjadi haram hanya babi hutan.
8. Mikhal diralat menjadi Merab
• Kontradiksi silsilah Mikhal binti saul dalam sejarah
Israel.
Kitab II Samuel pasal 6 menceritakan bahwa sampai meninggal dunia,
Mikhal binti Saul tidak pernah mempunyai seorang anakpun.
• II Samuel 6:23, TB-LAI 1999 menyebutkan “Mikhal binti Saul tidak
pernah mempunyai anak” • II Samuel 6:23, Kitab Suci terjemahan Dunia baru,
1999 menyebutkan “ Mikhal, putri Saul, ia tidak mempunyai anak”
• II Samuel 6 :23, Holy Bible King James Version menyebutkan
”Michal the Daughter of Saul had no children”
Sedangkan :
• II Samuel 21:8, kitab Suci Terjemahan Dunia Baru, 1999
menyebutkan “ dan lima putra Mikhal binti Saul”
• II Samuel 21:8, holy Bible King James Version menyebutkan “the
five sons of Michal the daughter of Saul”
Untuk menutupi kontradiksi ini, para teolog merevisi Alkitab
terbitan terbaru dengan merubah ‘Mikhal binti Saul’ dalam kitab II Samuel 22:8
menjadi ‘Merab binti saul’. hal ini bisa dilihat :
• II Samuel 21:8, TB-LAI 1999 menyebutkan ‘kelima anak laki-laki
Merab binti Saul ‘
Untuk sementara waktu, revisi ayat cukup manjur untuk menghapus
kontradiksi alkitab dengan mengganti Mikhal dengan Merab pada II Samuel pasal
21 dimana seolah-olah kitab Samuel pasal 6 dan pasal 21 itu berbeda dan tidak
ada sangkut pautnya, sehingga tidak saling kontradiksi satu sama lain. Tetapi
revisi ini justru menimbulkan masalah baru yang lebih mencolok, yakni
kontradiksi Alkitab terbitan LAI Jakarta dengan ALkitab terbitan Kristen Saksi
Yehovah dan Alkitab standart Internasional bahasa Inggris. Karena dalam Alkitab
Saksi Yehovah dan Alkitab bahasa Inggris terebut, tidak ada revisi nama dari
Mikhal menjadi Merab.
Sehingga mana yang benar, yang pasti tidak mungkin semuanya benar.
Pasti ada salah satu yang benar. Atau bisa jadi semuanya salah.
9. Mendekat, menghampiri atau berzinah ?
• Pada mulanya, Mazmur (Zabur) adalah kitab suci yang diturunkan
kepada Nabi Daud. Pada saat ini, dalam salah satu bagiannya, alkitab (Bible)
terdapat kitab Mazmur (Zabur). Pertanyaan besar, apakah Kitab Zabur yang
diajarkan oleh Nabi Daud sama dengan Kitab Zabur yang ada dalam Alkitab (BIbel)
milik umat Kristen saat ini ??.
• Salah satu keanehan dari kitab Mazmur (Zabur) umat Kristen saat
ini, ada satu bagian yang aneh dan janggal yaitu tentang Nabi Daud yang
terlibat skandal Sex dengan istri orang. Dalam Alkitab tahun 1960 terlihat
jelas bahwa Daud diceritakan telah berbuat zinah dengan Batsyeba, istri anak
buah Daud sendiri. (kronologi bisa dilihat sendiri di kitab II Samuel
11:1-27).
• Mazmur 51:1-2, TL-LAI 1960 menyebutkan “Daud berbuat zina dengan
Batsjeba”
• Menurut para ahli teolog merasa jijik membaca kisah ini sehingga
10 tahun kemudian Mazmur 51:1-2, kitab Kudus Perdjandjian Lama, 1970
menyebutkan “ia mendekati Batsjeba”
• Setelah merevisi alkitab tahun 1970 itu, para pakar masih risih
juga terhadap ayat yang mengatakan tentang aib Daud padahal dalam Inil Matius
1:1 disebutkan bahwa Daud leluhur Yesus sehingga terjadi revisi kembali pada
Mazmur 51:1-2, TB-LAI, 1999 menyebutkan “ ia menghampiri Batsyeba”
• Dengan kalimat yang halus ini terasa bagi pembaca bahwa tidak
ada lagi asumsi negative kepada Daud, leluhur Yesus. Tetapi, keboborokan dan
kelemahan yang ditutupi ini akhirnya tebongkar juga. Sepandai-pandai merevisi
alkitab, tetap ketahuan juga belangnya, sebab dalam versi alkitab lain, tidak
ada revisi seperti itu lihatlah (1) Masmur 51 :1-2, Alkitab Jawa, 1994
menyebutkan “jina karo Batsyeba (Zina dengan Batsyeba)” (2) Jabur 51:1-2,
Alkitab Madura,1994 menyebutkan “azina ban Batsyeba” (3) Jabur 51: 1-2, Alkitab
Sunda, 1991 menyebutkan “jinah jeung Batsyeba”
• Apapun polemik yang muncul tenteng revisi ayat tersebut,
keabsahan ayat ini juga patut untuk dipertanyakan. Sebab dalam banyak ayat yang
ada dalam alkitab, Daud banyak dipuji dan disanjung oleh Tuhan lihatlah dalam :
(1) Kisah Para Rasul 7:46 menyebutkan “ mendapat kasih karunia” (2) Kisah Para
Rasul 13:22 “ seorang yang berkenan dihatiku” (3) Mazmur 89:28 “ kasih
setia-Ku” (4) I Raja-raja 15:5 saya sebutkan lebih lengkap “ Karena Daud telah
melakukan apa yang benar di mata TUHAN dan tidak menyimpang dari segala yang
diperintahkan_nya kepadanya seumur hidupnya, kecuali dalam perkara Uria, orang
Het itu”
Keterangan :
LAI : Lembaga Alkitab Indonesia
LBI : Lembaga Biblika Indonesia
PB : Perjanjian Baru
PL : Perjanjian Lama
TB : Alkitab Terjemahan Baru
TL : Alkitab Terjemahan Lama
1. REVISI KITAB MATIUS
2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama
Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh
nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazaret.
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
" :
2:23 Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama
Nazaret. Hal itu terjadi supaya genaplah firman yang disampaikan oleh
nabi-nabi, bahwa Ia akan disebut: Orang Nazorea.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah frasa "Orang
Nazorea" menjadi "Orang Nazaret" tanpa dasar yang jelas)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi The Latin Vulgate (sebelum abad ke-15
M) :
2:23 et veniens habitavit in civitate quae vocatur Nazareth ut
adimpleretur quod dictum est per prophetas quoniam Nazareus vocabitur
Versi Greek Stephanos 1550 M:
2:23 kai elthon katokesen eis polin legomenen s=nazareth
abt=nazaret opos plerothe to rethen dia ton propheton oti nazoraios klethesetai
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
2:23 And coming he dwelt in a city called Nazareth: that it might
be fulfilled which was said by the prophets: That he shall be called a Nazarene.
Versi Wycliffe New Testament:
2:23 and cam, and dwelte in a citee, that ys clepid Nazareth, that
is shulde be fulfillid, that was seid bi profetis, For he shal be clepid
a Nazarey.
Versi New American Bible:
2:23 He went and dwelt in a town called Nazareth, so that what had
been spoken through the prophets might be fulfilled, "He shall be
called a Nazorean."
Versi New Revised Standard Version: 2:23 There he made his home in a town called Nazareth, so that what
had been spoken through the prophets might be fulfilled, "He will be
called a Nazorean."
Catatan:
Di antara dakwaan-dakwaan
yang ditujukan terhadap Petrus, salah satunya menyebutkan
"Yesus dari Nazaret" (Matius 26:71), dan satu lagi menyebutkan
"Yesus, orang dari Nazaret" (Markus 14:67).
Pernyataan pertama sebenarnya merupakan terjemahan yang salah-arah dari kata
Yunani Nazorean (A. Stegemann H - 1998 B. Perjanjian Matius 2:23 C. Kee HC -
1971), sedangkan
pernyataan kedua merupakan terjemahan yang salah-arah dari istilah Yunani
Nazarene. Istilah Yunani Nazorean dan Nazarene merupakan transliterasi
(Nazarenoi atau Nazoraios) dari kata bahasa Arama Nasren atau Nasraya, yang
berarti para pemelihara.
Pada gilirannya, kata bahasa Arama itu bisa ditelusuri kembali
pada istilah Nazir dalam bahasa Ibrani, yang berarti suci, kudus, atau
pemantang. Jika sekte-sekte dan subsekte-subsekte agama Yahudi pada
abad pertama Masehi dijajarkan pada poros keagamaan, dimana kutub kiri
mewakili liberalisme Yahudi, dan kutub kanan mewakili konservatisme religius,
maka kaum Farisi akan berada di tengah-tengah, sedangkan kaum Essene dan
Nazorea akan berada di ujung kanan.
Jadi, siapakah, dan
apakah sebenarnya, orang-orang Nazorea itu?
Sederhananya, mereka adalah
kelompok yang sama yang dirujuk dalam perjanjian Lama sebagai orang-orang
Nazarite atau Nazirite. Nazarite atau Nazorea adalah seseorang yang
melaksanakan sumpah pemantangan dan kesetiaan penuh kepada Hukum
Musa, dimana sumpah semacam ini bisa berlaku selama hidup atau untuk
jangka waktu trertentu.
Aturan-aturan khusus yang mengatur periode menjadi seorang
Nazarite atau Nazorea disebutkan satu per satu dalam Kitab Bilangan 6:1-21
dalam Alkitab, dijelaskan bahwa orang-orang Nazarite atau Nazorea di-cirikahas-i
dengan :
- penolakan mereka untuk memotong rambut,
- pemantangan mutlak terhadap alkohol dan seluruh minuman yang
berasal dari anggur,
- penolakan mutlak untuk berada dekat jenazah, dan sebagainya.
Tokoh-tokoh alkitabiah termasyur yang diidentifikasi sebagai
orang-orang Nazarite atau Nazorea antara lain : Samson (Hakim-hakim 13:1-24;
16:13-17); Samuel (1 Samuel 1:1-22); mungkin Yohanes (Yahya) Sang Pembaptis,
mungkin juga James, imam pertama gereja Kristen di Yerusalem (Kisah Para Rasul
21:17-26); dan untuk sementara Paulus (Kisah Para Rasul 21:17-26).
Namun demikian, penggambaran alkitabiah mengenai Yesus Kristus
sama sekali tidak ada sangkut-pautnya dengan penggambaran tentang seorang
Nazorea, karena seorang Nazorea tidak akan pernah menerima apapun yang
berasal dari buah anggur, dan tidak bisa mendekati Lazarus yang sudah meninggal,
yang oleh Yesus, melalui kekuasaan Allah, konon dibangkitkan dari kematian
(Yohanes 11:38-44).
Jadi, tidak ada hubungannya antara frasa
"Orang Nazorea" (atau "Orang Nazarene") dengan kota Nazaret. Sekali lagi, orang-orang Nazorea adalah orang-orang yang
memiliki keyakinan tertentu terhadap Hukum Musa yang para penganutnya tidak
hanya ada di kota Nazaret, tetapi tersebar di seluruh wilayah Israel.
2. REVISI KITAB MATIUS
19:16. Ada seorang datang kepada Yesus, dan berkata: "Guru,
perbuatan baik apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang
kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku
tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk
ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah."
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
" :
19:16 Ada seorang datang kepada Yesus dan berkata: "Guru
yang baik, perbuatan apakah yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup
yang kekal?"
19:17 Jawab Yesus: "Mengapa engkau memanggil-Ku Guru
yang baik? Hanya Satu yang baik, yaitu Tuhan. Tetapi jikalau engkau
ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah-Nya.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
frasa "Guru yang baik" menjadi "perbuatan baik" dan
menghilangkan kata "Tuhan" yang merujuk kepada Allah, agar
seolah-olah Yesus adalah Allah)Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua di
bawah ini :
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
19:16 And behold one came
and said to him: Good master, what good shall I do that I may have
life everlasting?
19:17 Who said to him: Why askest thou me concerning good? One is
good, God. But if thou wilt enter into life, keep the commandments.
Versi King James 1611 M
19:16 And, behold, one came and said unto him, Good Master,
what good thing shall I do, that I may have eternal life?
19:17 And he said unto him, Why callest thou me good? there is
none good but one, that is, God: but if thou wilt enter into life, keep the
commandments.
3. REVISI KITAB MATIUS
4:15 "Tanah Zebulon
dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang sungai Yordan, Galilea, wilayah
bangsa-bangsa lain
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
" :
4:15 "Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah
seberang sungai Yordan, Galilea, yang dihuni orang-orang non
Yahudi (Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah frasa "yang dihuni
orang-orang non Yahudi" menjadi "wilayah bangsa-bangsa lain"
untuk mempersempit kontradiksi dengan ayat yang dikutip dan telah dimodifikasi
oleh pengarang/penerjemah Matius dari Kitab Yesaya 9:1)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
4:15 Land of Zabulon and land of Nephthalim,
the way of the sea beyond the Jordan, Galilee of the Gentiles:
Versi King James 1611 M:
The land of Zabulon, and the land of Nephthalim, by the way of the
sea, beyond the Jordan, Galilee of the Gentiles;
Catatan : Pengarang/penerjemah Matius membual bahwa misi kerasulan Yesus
bukan hanya untuk orang-orang Israel atau Yahudi saja, tetapi juga untuk
orang-orang dari bangsa-bangsa lain, karenanya, frasa "pelbagai
umat" dalam teks Yesaya 9:1 yang menjadi rujukan Matius, diubah menjadi
"orang-orang non Yahudi" dalam Matius 4:15.
4. REVISI KITAB MATIUS
12:18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi,
yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia
akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa
12:21 Dan kepada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
12:18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi,
yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia
akan memaklumkan hukum kepada orang-orang non Yahudi
12:21 Dan kepada-Nyalah orang-orang non Yahudi akan
berharap."
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
frasa "orang-orang non Yahudi" menjadi "bangsa-bangsa"
untuk mempersempit kontradiksi dengan ayat-ayat yang dikutip dan telah
dimodifikasi oleh pengarang/penerjemah Matius dari Kitab Yesaya
42:1,4)Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M: 12:18 Behold my servant whom I have chosen, my beloved in whom my
soul hath been well pleased. I will put my spirit upon him, and he shall shew
judgement to the Gentiles.
12:21 And in his name the Gentiles shall hope.
Versi King James 1611 M:
12:18 Behold my servant, whom I have chosen; my beloved, in whom
my soul is well pleased: I will put my spirit upon him, and he shall shew
judgement to the Gentiles. 12:21 And in his name shall the
Gentiles trust.
Catatan: Pengarang/penerjemah Matius
membual bahwa misi kerasulan Yesus bukan hanya untuk orang-orang Israel atau
Yahudi saja, tetapi juga untuk orang-orang dari bangsa-bangsa lain, karenanya,
frasa "bangsa-bangsa" dan "segala pulau" dalam teks Yesaya
42:1,4 yang menjadi rujukan Matius, diubah menjadi "orang-orang non
Yahudi" dalam Matius 12:18,21.
5. REVISI KITAB YOHANES
2:4 Kata Yesus kepadanya (ibunya): "Mau
apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
2:4 Kata Yesus kepadanya (ibunya): "Mau
apakah engkau dari pada-Ku, perempuan? Saat-Ku belum tiba."
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
kata "perempuan" menjadi "ibu", agar lebih
sopan) Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
2:4 And Jesus saith to her: Woman, what is that to me
and to thee? My hour is not yet come.
Versi King James 1611 M:
2:4 Jesus saith unto her, Woman, what have I to do
with thee? mine hour is not yet come.
6. REVISI KITAB 1 SAMUEL
6:19. Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka
melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh tujuh puluh orang
dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah menghajar mereka
dengan dahsyatnya.
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
6:19. Dan Ia membunuh beberapa orang Bet-Semes, karena mereka
melihat ke dalam tabut TUHAN; Ia membunuh lima puluh ribu tujuh
puluh orang dari rakyat itu. Rakyat itu berkabung, karena TUHAN telah
menghajar mereka dengan dahsyatnya.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
jumlah "50.070" menjadi "70" saja untuk mempersempit
kontradiksi dengan Kitab Kejadian 8:21)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
6:19 But he slew of the men of Bethsames, because they had seen
the ark of the Lord, and he slew of the people seventy men, and fifty
thousand of the common people. And the people lamented, because the
Lord had smitten the people with a great slaughter.
Versi King James 1611 M:
6:19 And he smote the men of Bethshemesh, because they had looked
into the ark of the LORD, even he smote of the people fifty thousand
and threescore and ten men: and the people lamented, because the LORD had
smitten many of the people with a great slaughter.
7. REVISI KITAB 2 SAMUEL
17:25 Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk
mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Ismael yang
telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
17:25 Absalom telah mengangkat Amasa menggantikan Yoab untuk
mengepalai tentara. Amasa adalah anak seorang yang bernama Yitra, seorang Israel yang
telah memperisteri Abigal binti Nahas, saudara perempuan Zeruya ibu Yoab.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
kata "Israel" menjadi "Ismael" untuk menghilangkan
kontradiksi dengan Kitab 1 Tawarikh 2:17)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi The Latin Vulgate (sebelum abad ke-15
M): 17:25 Amasam vero constituit Absalom pro Ioab
super exercitum Amasa autem erat filius viri qui vocabatur Iethra de Hiesreli qui
ingressus est ad Abigail filiam Naas sororem Sarviae quae fuit mater
Ioab
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
17:25 Now Absalom appointed Amasa in Joab's stead over the army:
and Amasa was the son of a man who was called Jethra, of Jezrael,
who went in to Abigail the daughter of Naas, the sister of Sarvia who was the
mother of Joab.
Versi King James 1611 M:
17:25 And Absalom made Amasa captain of the host instead of Joab:
which Amasa was a man's son, whose name was Ithra an Israelite,
that went in to Abigail the daughter of Nahash, sister to Zeruiah Joab's
mother.
8. REVISI KITAB 2 SAMUEL
24:13 Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan kepadanya
dengan berkata kepadanya: "Akan datangkah menimpa engkau tiga
tahunkelaparan di negerimu? Atau maukah engkau...
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
24:13 Kemudian datanglah Gad kepada Daud, memberitahukan kepadanya
dengan berkata kepadanya: "Akan datangkah menimpa engkau tujuh
tahunkelaparan di negerimu? Atau maukah engkau...
(Para penerjemah Alkitab Indonesia merubah
kata "tujuh" menjadi "tiga" untuk menghilangkan kontradiksi
dengan Kitab 1 Tawarikh 21:12)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
24:13 And when Gad was come to David, he told him, saying:
Either seven years of famine shall come to thee in thy land:
or thou shalt...
Versi King James 1611 M:
24:13 So Gad came to David, and told him, and said unto him,
Shall seven yearsof famine shall come to thee in thy land? or wilt
thou...
9. REVISI KITAB LUKAS
3:23 Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga
puluh tahun dan menurut anggapan orang, Ia adalah anak
Yusuf, anak Eli,
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
3:23 Ketika Yesus memulai pekerjaan-Nya, Ia berumur kira-kira tiga
puluh tahun dan Ia adalah anak Yusuf, anak Eli, (Para penerjemah
Alkitab Indonesia menambah frasa "menurut anggapan orang" untuk
menciptakan persepsi baru bagi umat Kristen)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
3:23 And Jesus himself was beginning about the age of thirty
years: being (as it was supposed) the son of Joseph, who was of Heli,
who was of Mathat,
Versi King James 1611 M:
3:23 And Jesus himself began to be about
thirty years of age, being (as was supposed) the son of Joseph, which was
the son of Heli,
Catatan:
Kata-kata yang terdapat di dalam tanda kurung
merupakan tambahan dari penerjemah!
10. REVISI KITAB LUKAS
24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan
goreng.
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
24:42 Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan
goreng dan sebuah sarang madu.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia
menghilangkan frasa "dan sebuah sarang madu" tanpa alasan yang
jelas) Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
24:42 And they offered him a piece of a broiled fish and a
honeycomb.
Versi King James 1611 M:
24:42 And they gave him a piece of a broiled fish, and of
an honeycomb.
11. REVISI KITAB 2 KORINTUS
12:16 Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi kamu,
tetapi--kamu katakan--dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan
tipu daya.
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
12:16 Baiklah, aku sendiri tidak merupakan suatu beban bagi
kamu, tetapi dalam kelicikanku aku telah menjerat kamu dengan tipu
daya.
(Para penerjemah Alkitab Indonesia menambah
frasa "kamu katakan" untuk menciptakan persepsi baru bagi umat Kristen)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
12:16 But be it so: I did not burthen you: but being
crafty, I caught you by guile.
Versi King James 1611 M:
12:16 But be it so, I did not burden you: nevertheless, being
crafty, I caught you with guile.
12. REVISI KITAB YOHANES
13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu
tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. 13:14 Jadi jikalau Aku membasuh
kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling
membasuh kakimu;
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
13:13 Kamu menyebut Aku kepala (guru) dan tuan, dan
katamu itu tepat, sebab begitulah Aku.
13:14 Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah tuan
dan kepala (guru)-mu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
(Para penerjemah Alkitab Indonesia
menerjemahkan kata "lord" atau "master" sebagai
"Tuhan" agar seolah-olah Yesus adalah Tuhan, padahal arti kata-kata
tersebut bersifat relatif: kepala, tuan, pemimpin, redaktur, sri paduka raja,
dan lain-lain)
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi Douay-Rheims Bible 1582 M:
13:13 You call me Master and Lord. And you say well:
for so I am.
13:14 If then I being your Lord and Master, have
washed your feet; you also ought to wash one another?s feet.
Versi King James 1611 M:
13:13 Ye call me Master and Lord: and ye say well; for
so I am.
13:14 If I then, your Lord and Master, have washed
your feet; ye also ought to wash one another's feet.
Versi New American Bible:
13:13 You call me 'teacher' and 'master,' and
rightly so, for indeed I am.
13:14 If I, therefore, the master and teacher, have
washed your feet, you ought to wash one another's feet.
Catatan: Kata "Lord"
dalam Perjanjian Lama memang dapat diterjemahkan sebagai "Tuhan" atau
"God", namun maknanya juga bisa bervariasi. Tetapi dalam konteks ini ia tidak tepat diterjemahkan sebagai
"Tuhan". Sesungguhnya, terjemahan yang tepat untuk kata
"Lord" dalam konteks ayat di atas adalah "tuan" bukan
"Tuhan"! Bukti-buktinya dapat dilihat di bawah
ini:
1 Petrus 3:6. sama seperti Sara taat kepada Abraham dan menamai
dia tuannya (his Lord). Dan kamu adalah anak-anaknya, jika
kamu berbuat baik dan tidak takut akan ancaman.
Mazmur 82:6. Aku sendiri telah berfirman: "Kamu (umat Israel)
adalah Allah (God), dan anak-anak Yang Mahatinggi kamu
sekalian. Mazmur 110:1. Mazmur Daud. Demikianlah
firman TUHAN (Lord) kepada tuanku (my lord): "Duduklah
di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan
kakimu."
Keluaran 7:1. Berfirmanlah TUHAN (Lord) kepada
Musa: "Lihat, Aku mengangkat engkau sebagai Allah (God) bagi
Firaun, dan Harun, abangmu, akan menjadi nabimu.
Sekali lagi, Yesus adalah pemimpin/tuan,
bukan Tuhan, hal ini dapat dibuktikan dengan pernyataan Yesus lainnya, yang
sama-sama ditulis oleh penulis yang sama :
Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka
mengenal Engkau, satu-satunya Allah (God) yang benar, dan
mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Yohanes 5:30
Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai
dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti
kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku.
Jika Yesus adalah Tuhan, maka seharusnya
pernyataan Yesus di atas adalah sebagai berikut:
Yohanes 17:3 Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa kamu (umat
Israel) mengenal Aku, satu-satunya Allah (God) yang benar, dan mengenal Paulus
Tarsus yang telah Aku utus.
Yohanes 5:30 Aku dapat berbuat apa saja dari diri-Ku sendiri, Aku
menghakimi sesuai dengan apa yang kamu (umat Israel) kerjakan, dan
penghakiman-Ku adil, sebab Aku berkehendak atas segala sesuatu dari diri-Ku
sendiri.
Lebih jauh, dalam versi Alkitab Indonesia,
seluruh kata "lord" yang menunjuk kepada Yesus, diterjemahkan sebagai
"Tuhan". Benar-benar buat-buatan!
13. REVISI NAMA "ELOHIM" DAN
"JAHWEH"
Dalam versi Alkitab Indonesia, seluruh kata "Elohim" dan "Jahweh" dalam
Perjanjian Lama, masing-masing diterjemahkan sebagai "Allah"
dan "Tuhan Allah" (atau "Tuhan" saja), padahal "Elohim"
dan "Jahweh" adalah nama-nama Tuhan yang sebenarnya dari umat Yahudi
Israel yang menunjukkan kekhasan dari suku-suku tertentu di Israel. Mengapa
seenaknya dirubah? Berikut contoh-contohnya:
Kitab Kejadian versi Alkitab Indonesia:
1:1. Pada mulanya Allah menciptakan langit dan
bumi.
2:4. Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan.
Ketika TUHANAllah menjadikan bumi dan langit,
Terjemahan yang tepat dari teks " Lama
":
1:1. Pada mulanya Elohim menciptakan langit dan
bumi.
2:4. Demikianlah riwayat langit dan bumi pada waktu diciptakan.
Ketika TuhanJahweh menjadikan bumi dan langit,
Perhatikan teks-teks Alkitab yang lebih tua
di bawah ini:
Versi The Darby Translation:
2:4 These are the histories of the heavens and the earth, when
they were created, in the day that Jehovah Elohim made earth
and heavens,
Versi World English Bible:
2:4 This is the history of the generations of the heavens and of
the earth when they were created, in the day that Yahweh God
made earth and the heavens.
14. REVISI MARKUS 7 :16
16.jadi,kalau punya telinga ,dengarkan’’)**
16.barang siapa bertelinga untuk mendengar hendaklah ia
mendengar!)***
Ket : )** isi dari alkitab kabar baik
terbitan LAI Jakarta 2004
)***
isi dari al kitab dengan kidung jemaat terbitan LAI jakarta 2000
15. REVISI YOHANES 10:36 Terbitan LAI Revisi
2000
36.Masihkah kamu berkata kepada dia yang dikuduskan oleh bapa dan
yang telah diutusnya ke dalam dunia;engkau menghujat Allah karena aku telah
berkata aku anak Allah?
Dalam alkitab kabar baik terbitan Lembaga
Alkitab Indonesia revisi 2004 YOHANES 10 pasal 36 ditambahi – Padahal aku
dipilih oleh bapa dan diutus ke dunia.
Dalam Teks Yohanes 10:36 Terbitan LAI 2004
36.Masihkah kamu berkata kepada dia yang dikuduskan oleh bapa dan
yang telah diutusnya ke dalam dunia;engkau menghujat Allah karena aku telah
berkata aku anak Allah? Padahal aku dipilih oleh bapa dan diutus ke
dunia.
16. REVISI MARKUS 7:19 Al Kitab
LAI,Revisi 2000
19.karena bukan masuk ke
dalam hati tetapi ke dalam perutnya,lalu di buang di jamban? ’’ dengan
demikian ia menyatakan semua makanan halal.
( Dalam Al Kitab terbitan LAI 2004 ditambahi
kalimat” dengan demikian ia menyatakan semua makanan halal” )
Markus 7:19 Al Kitab LAI,Revisi 1971
19 Karena itu bukanja masuk ke dalam hati,melainkan ke dalam
perut, lalu keluar kedalam djamban, dengan demikianlah membersihkan segala
makanan itu”
17. REVISI IMAMAT 11:17
Sedangkan pada Alkitab yang diterbitkan tahun
1979 berbunyi :
"Demikian juga Babi Hutan, karena memang berkuku
belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah biak, haram itu
bagimu."
Al Kitab Indonesia terbitan LAI 1979 menambahkan kalimat “ Babi “ menjadi “ Babi Hutan “
Dalam Alkitab yang diterbitkan tahun 1968
bunyi kitab Imamat 11:7 sbb:
"Demikian juga Babi,
meskipun berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, tetapi tidak memamah
biak; haram itu bagimu."
18. REVISI KITAB WAHYU 21:6 Terbitan LAI 2000
WAHYU 21 : 6 Terbitan LAI 2000
”Firman-Nya lagi kepadaku” semuanya telah terjadi,Aku adalah ALFA
dan OMEGA,Yang awal dan yang akhir”
WAHYU 21:6 Terbilan LAI 1971
‘’Maka firmannya kepadaku;’’Sudahlah genap; aku inilah ALIF
dan YA, yaitu yang awal dan yang akhir’’
Dalam Kitab Wahyu 21:6 1971 : Kalimat ALIF
dan YA direvisi Dalam Wahyu 21:6 LAI tahun 2000 menjadi ALFA dan OMEGA.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar